Kamis, 26 April 2012

CIRI-CIRI AYAM KETAWA UNGGULAN



Dalam Sekali bertelur, Ayam Ketawa Betina produktip bisa menghasilakan rata-rata 11 sampai 13 telur. Tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama, yaitu pada telur keluaran satu sampai tiga.
Hal ini dikarenakan pembuahan belum sempurna. Jadi telur hanya numpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama.
Baru pada telur keempat, dan seterusnya dipastikan telur terisi dengan embrio.
Saat telur kesatu sampai ketiga keluar, Kita ambil semua dan sisakan satu butir sebagai pancingan agar betina terus bisa bertelur.
Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur, induk agar lancar bertelur, harus ditujang dengan pakan.
Pakan yang digunakan adalah kacang ijo. Fungsi kacang ijo sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak.
Trik untuk memperbanyak telur, juga ada pada ayam ketawa, caranya adalah setelah semua telur atau 13 telur keluar, kita ambil atau pindahkan semua dan sisakan satu bitir didalam sarang eramannya.

Maka dengan sendirinya ayam ketawa betina akan bertelur lagi, sedangkan yang kedua belas butir telur tadi, kita eramkan pada incubator, selang 3 hari, kita pindahkan lagi keinduk betina untuk dierami secara alami.
Hasilnya, semua telur diapstikan menetas lebih sempurna.
Ciri cirri anakan ayam ketawa yang bagus, sudah bisa terlihat dalam tempo 1,5 bulan anakan ayam jenis umum biasanya hanya bisa berkotek, namaun diumur yang sama, anak ayam ketawa sudah berkokok mirip dengan ayam ketawa dewasa dengan interpal atau nada pendek dan kecil.
Jadi kesannya lucu bila kita biasa mendengar kokok ayam ketawa dewasa dan membandingkannya dengan kokok anakan ayam ketawa ini.
Ciri khas ayam ketawa terbaik lainya, adalah bentuk jengger bagian belakang menempel dengan tempurung kepala.
Apa yang membedahkan suara koko ayam ketawa dengan ayam lainnya, yakni terletak pada pita suaranya.
Bila anda memegang lehernya dan meraba bagian pangkal leher, yaitu pita suara, maka bentuknya aneh, pita suara ayam ketawa ternyata terputus.
Tidak seperti pita suara ayam yang besar menyambung.
Maka tak heran bila saat berkokok ayam ketawa ini mengeluarkan kokok yang terpatah patah.
Sehingga suaranya mirip suara orang ketawa.

Sumber : AGROBIS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar